Terpilihnya Dr. Supandi, SH, M. Hum dan Bapak Yulius, SH, MH disambut Suka Cita


Setelah melakukan Fit and Proper Test selama empat hari, Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat telah memilih enam Hakim Agung.  Komisi III DPR RI sudah memilih 6 calon hakim agung. Pemilihan dilakukan secara voting dari 20 nama calon hakim agung lainnya.

Enam Hakim Agung yang terpilih semalam itu dua hakim berasal dari jalur nonkarier dan empat dari jalur karier. Mereka menyingkirkan 14 calon lain.

Hakim Agung terpilih itu adalah Suryajaya (hakim ad hoc pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta), Salman Luthan (pengajar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia), Supandi (Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mahkamah Agung), Achmad Yamanie (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin), Soltony Mohdally (Ketua PT Banjarmasin), dan Yulius (hakim tinggi Tata Usaha Negara Jakarta).

Bagi keluarga besar Pengadilan Tata usaha Negara (PTUN), hasil pemilihan calon hakim agung kali ini cukup istimewa, mengingat ada dua “kader” terbaiknya yang berhasil menjadi Hakim Agung, yakni Bapak. DR. Supandi, SH, MH dan Bapak H. Yulius, SH. Sebagai catatan, komposisi Hakim Agung saat ini yang berlatar belakang Hukum Adminsitrasi negara masih cukup minim. Sehingga dengan lolosnya Pak Supandi dan Pak Yulius dapat memberi warna dalam perkembangan dan dinamika penyelesaian perkara Tata usaha Negara di mahkamah Agung. Keberhasilan kedua figur senior PTUN tersebut mendapat apresiasi dan disambut suka cita dari para yunior  di PTUN. “semoga pak pandi dan pak yulius bisa menbawa pencerahan di MA” ujar Santi, Calon Hakim PTUN Pekanbaru. Harapan yang sama juga disampaikan Teguh Alexander, salah seorang Hakim di PTUN Banjarmasin,”semoga dengan terpilihnya kedua beliau tersebut memberi pengaruh yang positif terhadap penegakan hukum administrasi negara di Indonesia” ujar Teguh penuh harap. (Irvan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: