TIM CAKIM PTUN JUARA I LOMBA KARYA TULIS ILMIAH


hidup penuh dengan diskusi

Bogor. Tim Calon Hakim PTUN yang diwakili oleh Irvan Mawardi (PTUN Yogyakarta) dan Retno Ariyani (PTUN Surabaya) berhasil meraih Juara I dalam lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang diadakan di Pusat Pendidikan dan Latihan Mahkamah Agung RI dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI. Penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah salah kegiatan yang dilombakan selain lomba lainnya, seperti Catur, Tarik Tambang, Sepak Bola, Lomba Menyanyikan Hymned an Mars Ikahi dll. Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara II diraih oleh Pengadilan Militer. Perlombaan Karya Tulis Ilmiah ini diikuti oleh empat lingkungan Peradilan, namun hanya diambil dua peserta terbaik.

Dalam karyanya ini, Irvan dan Retno mengupas sebuah tema, Upaya Peningkatan Kontrol Yuridis Dari Publik Terhadap Pejabat Pemerintahan Melalui Peradilan Tata Usaha Negara Guna Mewujudkan Tata Pemerintahan Yang Baik ( Good Governance). Irvan dan Retno dalam tulisan tersebut menyimpulkan bahwa, (Selengkapnya lihat di kolom Artikel)
Pertama, Salah satu tujuan negara kita sebagai bangsa yang merdeka adalah mewujudkan negara kesejahteraan. Dalam kerangka welfare state, negara dalam hal ini pejabat pemerintahan bertugas untuk melayani dan mensejahterakan rakyatnya. Namun tujuan ini akan mengalami pergeseran dan melahirkan pemerintah yang menyimpang, korup dan diktator apabila kekuasaan yang dimiliki pemerintah tidak mampu dibatasi dan dikontrol oleh publik.
Kedua, Kontrol terhadap kekuasaan yang dikendalikan oleh pejebat menjadi urgent untuk menghindari penyimpangan kekuasaan. Namun kontrol dari publik, khususnya kontrol yuridis akan berjalan secara massif dan maksmal apabila publik memiliki kesadaran hukum dan sensitifitas untuk menggunakan mekanisme hukum sebagai alat kontrol bagi pemerintah. Kontrol Yuridis akan berjalan efektif apabila publik secara berkasadaran menggunakan hukum, dalam hal ini Pengadilan sebagai media memperolah keadilan dalam konteks relasi publik dan negara
Ketiga, Pengadilan Tata Usaha Negara sebagai media kontrol yuridis bagi pemerintah sejatinya memiliki peran yang strategis untuk mengoreksi kekuasaan pemerintah yang menyimpang. Namun disadari bahwa, saat ini kewenangan yuridis yang dimiliki oleh PTUN masih penuh keterbatasan. Sehingga diharapkan dengan adanya Rancangan Undang-Undangan Administrasi Pemerintahan mampu merevitalisasi peran PTUN dalam berkontribusi mewujudkan Good Governance
Keempat, Good Governance menjadi agenda utama dalam mewujudkan negara kesejahteraan (welfare state) bagi bangsa yang merdeka. Good Governance meniscayakan pemerintah yang akuntabel dan dan transparan yang siap melayani publik secara profesional. Gagasan Good Governance akan berjalan dalam koridor yang sesungguhnya apabila pemerintah senantiasa siap untuk mendapat kontroldan pengawasan, termasuk kontrol yuridis dari Peradilan Tata Usaha Negara. Agar kontrol yuridis berjalan efektif dalam kerangka Good Governance, maka diperlukan kesadaran dan budaya hukum yang tinggi dari aparat pemerintah, terutama pejabat pemerintahan sebagai pengambil keputusan yang menentukan publik.
Sementara, dalam lomba lainnya, Tim Tarik Tambang Cakim PTUN gagal ke final setelah dikalahkan oleh Tim Cakim Agama. Lomba Tarik Tambang, baik putra dan Putri dimenangkan oleh Pengadilan Umum kelas A. Namun dalam Lomba Hymne dan Mars IKAHI berhasil meraih medali perak, sedangkan medali emas diraih oleh Cakim Agama. Pengumuman dan Penyerahan hadiah bagi pemenang lomba tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LitbangDiklatKumdil, H. Anwar Usman, SH, MH dan Kepala Pusdiklat Tekhnis Mahkamah Agung, Dr. Supandi, SH,. M. Hum pada tanggal 16 Agustus 2009 . (Irvan)

Hasil Lengkap Prestasi Tim Cakim PTUN
1. Lomba Karya Tulis Ilmiah sebagai Juara I
2. Pertandingan Sepak Bola sebagai Juara II
3. Lomba Poco-Poco sebagai Juara II
4. Lomba Lari Karung Purti sebagai Juara II
5. Lomba Hymne dan Mars IKAHI sebagai Juara II
6. Lomba Tarik Tambang tak ada hasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: