Sebuah Refleksi dariKoe…


“  Seseorang terasa lebih berarti ketika dia sudah tidak berada di dekat kita lagi “ (Kahlil Gibran)

By.Sahibur Rasid, SH

Di manapun kita berada, sesungguhnya banyak hal mengenai hidup yang bisa kita pahami, satu diantaranya adalah bahwa hidup bisa bermakna ketika kita mampu memberikan manfaat bagi kehidupan ini, baik bagi diri kita maupun bagi orang lain terutama yang berada disekitar kita. Dengan kata lain seseorang mempunyai makna dalam hidupnya ketika dia bisa mencurahkan kehidupannya bagi kemaslahatan manusia, siapapun dia. Hal ini bisa dimulai dengan selalu belajar memperbaiki sikap dan perilaku kita terutama bagaimana kita bisa menghargai, menghormati serta empati terhadap sesama kita.

Konteksnya dengan keberadaan kita dalam mengikuti diklat cakim yang tinggal beberapa minggu lagi ( sekitar dua minggu ) tentunya masing-masing siswa-siswi cakim dari peradilan apapun harus mampu untuk terus memupuk rasa persaudaraan, kebersamaan. Sehingga diharapkan ketika diklat cakim angkatan empat ini berakhir tali silaturahmi antar cakim tidak akan terputus begitu saja. Tentunya kita tidak ingin terkotak-kotak dan cukup hanya bangga kepada institusi satuan kerja kita masing-masing. Artinya dengan bahasa lain, cakim TUN tidak boleh hanya bangga kepada peradilan TUN saja, cakim Agama tidak boleh hanya bangga kepada peradilan Agama saja, cakim Umum tidak bisa hanya bangga kepada peradilan Umum saja begitu juga dengan cakim  Militer tidak cukup hanya bangga dengan peradilan Militer saja. Tetapi semua cakim harus bangga dengan satu institusi saja yakni Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Saya teringat kata-kata Kahlil Gibran dalam sebuah bukunya  beliau mengatakan bahwa “seseorang terasa lebih berarti ketika dia sudah tidak berada didekat kita lagi” . Oleh karena itu harapannya sisa waktu kebersamaan yang sedikit ini marilah kita terus memupuk rasa kebersamaan itu agar apapun yang terjadi setelah ini kita mampu untuk secara bersama-sama membangun kinerja Mahkamah Agung khususnya dimulai pada satuan kerja kita masing-masing  sehingga citra institusi kita ini bisa menjadi lebih baik lagi di mata masyarakat. Tentunya hal ini bukanlah satu-satunya tujuan karena terdapat beberapa hal yang lebih penting dari hanya sekedar pencitraan di mata masyarakat. Namun  paling tidak hal ini diharapkan menjadi langkah yang besar untuk membawa insan-insan Mahkamah Agung guna menuju pribadi-pribadi yang mampu mengiplementasikan Pedoman Prilaku Hakim serta menularkannya dalam kehidupan masyarakat. Sehingga  pada akhirnya diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik tidak hanya bagi Mahkamah Agung tetapi bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

Akhirnya izinkan saya mengutip kata-kata Bung Karno dalam sambutannya dalam memperingati hari pramuka yang agung pada kurun waktu sekitar tahun 1960-an yang mana diakhir pidatonya beliau mengatakan “ Hai Putra Putri Indonesia Kalau Ada Yang Bertanya Kepadamu Berapa Jumlahmu Maka Jawablah Kami Hanya Satu “. Tanpa bermaksud mensejajarkan saya dengan beliau, tapi karena  didasari untuk membangun kebersamaan dan persatuan khususnya saudara-saudaraku siswa-sisiwi cakim angkatan empat maka dengan mengutip hal tersebut saya ingin mengatakan bahwa kalau ada yang bertanya kepada kita “ siswa-siswi cakim angkatan empat berapa jumlahmu ?,  maka kita harus menjawabnya kami hanya satu” jawablah bahwa kami hanya satu.

Demikian catatan reflektif singkat ini mudah-mudahan memberikan manfaat untuk kita semua disertai harapan perubahan itu harus dimulai dari niat yang tulus dan tekad yang besar, mudah-mudahan kita mampu, Amin.

“Catatan dari sebuah refleksi” MM di Suatu Malam 27072009

By. Sahibur Rasid, SH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: