Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-64; KAPUSDIKLAT MA RI MEMBUKA PEKAN OLAH RAGA CALON HAKIM ANGKATAN IV


bola pak pandiBOGOR. Dalam rangka Perayaan HUT proklamasi kemerdekaan RI ke-64 Tanggal 17 agustus 2009 Pendidikan dan pelatihan calon hakim angkatan  IV Di 4 lingkungan peradilan Indonesia pusdiklat mahkamah agung republik Indonesia, pengurus Senat pada Diklat Calon Hakim angkatan IV menggelar Pekan Olah Raga yang diikuti oleh para peserta Diklat Cakim dan panitia. Rangkaian kegiatan tersebut diawali hari ini, 27 Juli 2009  yang ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat pendidikan dan Latihan Tekhnis Peradilan Mahkamah Agung RI, DR. Supandi, SH,. M. Hum. Mengawali amanahnya pada acara Pembukaan Pekan Olah Raga Cakim angkatan IV tersebut, Kapusdiklat mengapresiasi keinginan dan usaha bersama Senat dan Panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut walaupun dengan berbagai keterbatasan waktu dan fasilitas. Beliau mengharap pertandingan dan perlombaan yang digelar dalam rangkaian kegiatan tersebut mampu memupuk kebersamaan antara Cakim di empat lingkungan Peradilan.

Selanjutnya, dalam konteks menyambut dan merefleksikan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 ini, Kapusdiklat berharap lewat cabang olah raga yang dipertandingkan mampu melahirkan sikap yang jujur, sportif dan professional. “ Bagi pihak yang menang, hendaknya tidak sombong dan angkuh, dan bagi pihak yang kalah mesti bersikap legowo dan fair dalam menerima kekalahan” ujar Dr. Supandi. Selanjutnya beliau berharap dari nilai-nilai sportifitas, kejuangan, profesionalitas yang terkandung dalam olahraga tersebut mampu ditransformasikan dalam berjuang mengisi kemerdekaan yang telah diperoleh sejak 64 tahun yang lalu. Khusus dalam lingkungan Peradilan lanjut Kapusdiklat, nilai-nilai tersebut dituntut dimiliki oleh setiap Calon Hakim. “ Dengan sikap jujur dan professional, para Cakim diharapkan menjadi generasi penerus Mahkamah Agung dalam mewujudkan wajah baru Peradilan di Indonesia” tegas pria yang bersahaja ini. Menurut Dr. Supandi, Mahkamah Agung sangat berharap Cakim angkatan IV ini menjadi Darah baru bagi masa depan Mahkamah Agung yang tentunya diharapkan memberi dan menjadi terbaik dalam konteks pembaharuan hukum dalam rangka mengisi kemerdekaan RI.

Di sela-sela amanahnya, beliau juga mengapresiasi pengadaan website yang diinisiasi oleh Cakim PTUN angkatan IV sebagai wahana pengembangan kreatifitas dan media informasi di dunia maya. Bagi bapak Kapusdiklat, kreatifitas semacam ini perlu terus didorong dan dikembangkan dalam mewujudkan peradilan modernisasi peradilan yang responsive terhadap perkembangan tekhnologi dan informasi.” Oleh karena itu, saya berharap Cakim Pengadilan Umum, Agama dan Militer juga segera menyusul memiliki website masing-masing agar semuanya akrab dan respons terhadap tekhnologi informasi di dunia maya” ujar bapak Kapusdiklat mengakhiri sambutannya.

Berbagai macam jenis Lomba.

Pada kesempatan acara Pembukaan Pekan Olah Raga Cakim angkatan IV tersebut, Ketua Panitia, Saba’aro Zendrato (PN Medan) menyampaikan laporan bahwa jenis kegiatan Angkatan Calon Hakim IV Tahun 2009 adalah sebagai berikut :

  1. Jenis Kegiatan :
    1. Bola Kaki
    2. Catur
    3. Tarik Tambang
    4. Balap Karung
    5. Senam Poco-poco
    6. Lomba Cipta Lagu Slogan Calon Hakim
    7. Mars dan Hymne IKAHI
    8. Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan Judul ”DENGAN SEMANGAT HUT PROKLAMASI RI KE-64 MARI KITA TINGKATKAN PENEGAKKAN HUKUM DAN KEADILAN BAGI MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA”
  2. Jumlah Personel Yang Mengikuti Lomba
    1. Bola Kaki, Setiap Kelas terdiri dari 8 (delapan) orang Pria ;
    2. Catur, Setiap kelas 2 (dua) orang yaitu 1 (satu) Pria dan 1 (satu) Wanita atau Keduanya Pria/ Wanita
    3. Tarik Tambang, Setiap kelas 10 (sepuluh) orang
    4. Balap Karung, Setiap kelas 2 (dua) orang yaitu 1 (satu) Pria dan 1 (satu) Wanita
    5. Senam Poco-Poco, Setiap kelas 10 (sepuluh) orang yang terdiri dari Pria dan Wanita
    6. Mars dan HYMNE IKAHI
    7. Lomba CIPTA LAGU SLOGAN CALON HAKIM perkelas
    8. LOMBA Karya Tulis Ilmiah, setiap kelas 2 (dua) orang
  3. Peserta Terdiri Dari :

–      Siswa-siswi Calon Hakim dari tiap-tiap Kelas dan dimohonkan staf/Panitia dari lembaga untuk meramaikan pertandingan ini ;

Setelah acara pembukaan, secara Simbolik, Kapusdiklat, Dr. Supandi, SH. M. Hum menendang bola pertama pada Kick Off pertandingan Sepak bola yang mempertemukan Tim Sepak Bola Militer dengan Tim Sepak Bola Pengadilan Umum (A).  (Irvan, Rasiq)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: