Ny Chairani A Wani SH (Mantan Hakim Agung); Hakim Harus mahir Berbahasa Asing


Merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan Informasi yang semakin cepat, termasuk dalam ilmu Hukum, maka Calon hakim dan para Hakim diminta untuk senantiasa meng-up grade- kapasitas diri, khususnya dalam penguasaan bahasa Asing. Hal ini ditegaskan oleh Ibu Ny. H. Chairani A. Wani, SH, Mantan Hakim Agung RI ketika menyampaikan ceramah di hadapan peserta Diklat Calon Hakim Tata Usaha Negara, di Megamendung, Bogor,10/7/2009.

Sebagai mantan Hakim Agung yang juga pernah mengenyam pendidikan di Perancis, Ibu Chairani sangat menekankan pentingnya penguasaan bahasa Asing, khususnya Bahasa Belanda, Perancis, Jerman dan Inggris. ” Mengingat referensi ilmu Hukum dominan berasal dari keempat negara tersebut, maka para Hakim mutlak harus mampu menguasai minimal salah satu bahasa asing tersebut ” tegas Mantan Hakim Agung kelahiran Pelambang ini.  Lebih lanjut, Ibu Chairani mengingatkan bahwasanya zaman dan tantangan Hakim zaman beliau dulu sudah amat berbeda dengan zaman sekarang. “Problematika dan dinamika Ilmu Hukum semakin berkembang dan Kompleks, sehingga Hakim dituntut memiliki kecanggihan dan kreativitas dalam mengembangkan kapasitas sebagai seorang Hakim yang berkualitas” ujar Ibu Chairani.  Perempuan yang masih nampak energik ini menuturkan bahwa di zaman ketika beliau jadi Hakim muda, belum banyak mengenal dengan peralatan informasi dan tekhnologi, seperti halnya Internet dan Laptop. Oleh karena itu,  beliau berpesan kepada Hakim muda saat ini untuk mampu merespon perkembangan tekhnologi untuk menggali ilmu pengetahuan Hukum yang lebih luas.

Di akhir pertemuan,  Alumnus FH Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang ini berharap para Cakim memiliki cita-cita dan pandangan jauh ke depan. ” Kalian harus berani dan mampu bercita-cita menjadi Hakim Agung dan Ketua Mahkamah Agung” pesan mantan Hakim tinggi dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Jakarta ini. Menurut beliau, dengan adanya cita-cita dan tujuan yang jelas dan ideal, maka hal itu akan menjadi motivasi dalam menjani karier sebagai seorang Hakim. (Irvan)

Profil Singkat Ibu Chairani A. Wani, SH

Nama:
Ny Chairani A Wani SH
Lahir:
Palembang, 12 April 1939
Agama:
Islam
Jabatan:
Hakim Agung

Pendidikan:
– FH Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang

Pendidikan lainnya:
– Section Juridique (Droit Administrative) di IIAP Conseil D’Etat di Paris (1977)
– Sekolah Staf Pimpinan Administrasi (Sespa) Departemen Kehakiman RI (1985 1986)
– Kursus Singkat Angkatan V Lemhannas (1995)

Karir:
– Hakim di PN Tanjungkaran (1968)
– Hakim tinggi dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Jakarta
– Hakim Agung di MA

Alamat Rumah:
Cawang, Jakarta Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: